Bagaimana cara memasang "Read More" versi baru

Selasa, Desember 16, 2008 / Comments (1) / by fuda

Hallo...

Selamat datang di hobikitakita hehe..

kali ini mo bagi2 tips buat yg penasaran bgmn sih cara setting supaya postingan kita ada fasilitas "read more " nya. Saya rasa fasilitas read more ini cukup penting untuk meminimalisir lama nya meng akses blog kita. Orang pasti jenuh menunggu upload blog kita yang terlalu berat.Apa lagi fasilitas read more berikut ini merupakan versi baru. sehingga pengunjung tidak perlu mengupload ulang halaman yang mo di baca read morenya. Tutorial berikut ini merupakan oleh oleh blogwalking dari blognya kang rohman Hasilnya kyak gini coba deh.. hohoho..



berikut Ulasannya, simak yah dengan teliti soalnya klo ga teliti bisa kyak saya. postingan jadi berantakan gara2 ga teliti baca step by stepnya ( kyak judul lagu lawas ) wekekeke. live from kang rohman blog copas yuuu..

Fasilitas Read more kali ini di buat oleh Ramani dan Hans. Kelebihannya yaitu ketika pembaca mengklik link Read more, maka keseluruhan artikel bisa terbuka tanpa harus me-loading ulang yang terkadang membuat BT pembaca yang koneksi internetnya rada lelet ( jadi malu, padahal blog saya berat banget untuk di loading), selain itu untuk artikel yang pendek, tulisan readmore nya bisa di hapus sehingga tidak mengganggu pemandangan seperti yang di keluhkan sobat yuki beberapa waktu lalu yang merasa terganggu karena tulisan readmore selalu muncul walaupun pada artikel yang pendek.

Tapi sayang kode-kode berikut ini hanya berlaku bagi sobat yang memakai template baru saja dan untuk yang memakai template klasik saya ucapkan Kaciaaaaaan deeeeehhh (padahal blog ini pun pake template klasik jadi ga bisa pake ini).

Untuk menyingkat tulisan agar tidak terlalu dipenuhi dengan intermezo yang sedikit membuat bete and ngeselin, langsung saja untuk membuat read more versi baru ini silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Sig in di blogger dengan id sobat


2. Klik menu layout


3. Klik menu Edit HTML


4. Klik tulisan Download Template lengkap, silahkan save dulu template sobat, ini untuk mencegah resiko apabila terjadi kesalahan dalam melakukan kesalahan dalam proses editing template


5. Klik kotak kecil di samping tulisan Expand Template Widget, sekali lagi jangan lupa untuk memberi tanda centang dulu yah


6. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai


7. Copy kode berikut, lalu paste tepat di atas kode </head>



<script type='text/javascript' src='http://amen24.googlepages.com/Readmore.js' />


8. Tambahkan kode berikut pada kode template sobat, yang berwarna hitam adalah kode asli dari kode template dan yang berwarna merah adalah kode yang harus di tambahkan :


<h3 class='post-title'>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</h3>
</b:if>
<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body' expr:id='"post-" + data:post.id'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>#fullpost {display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<span id='showlink'>
<p><a expr:onclick='"javascript:showFull(\"post-" + data:post.id + "\");"' href='javascript:void(0);'>[+/-] Selengkapnya...</a></p>
</span>
<span id='hidelink' style='display:none'>
<p><a expr:onclick='"javascript:hideFull(\"post-" + data:post.id + "\");"' href='javascript:void(0);'>[+/-] Ringkasan saja...</a></p>
</span>
<script type='text/javascript'>checkFull("post-" + "<data:post.id/>")</script>
</b:if>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>
</div>
.... rest of template code ...
( oh iya, ntah Mengapa blog saya hobikitakita cuma pakai satu </div> di akhir nya , engak dobuble kyak di atas ) cek lagi yah klo kamu juga ga bisa. coba kyak saya akhirnya cukup 1 aja </div> nya

9. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE




Langkah selanjutnya :

1. Klik menu Pengaturan


2. Klik menu Format


3. Copy kode berikut lalu paste pada kotak kosong yang berada di samping tulisan Template posting




<span id="fullpost">


</span>



4. Klik tombol Simpan Setting


5. Selesai.




Cara posting artikel :

Pada saat berada pada menu posting, pilih tombol yang Edit HTML jangan pilih yang tombol Compose, maka akan secara otomatis terlihat kode tadi di atas yaitu :


<span id="fullpost">



</span>


Simpan artikel yang mau di tampilkan di muka (ringkasannya) di atas kode <span id="fullpost">, dan sisa keseluruhan artikel di simpan sesudah kode <span id="fullpost"> dan sebelum kode </span>.


Untuk artikel yang pendek, sobat tinggal menghapus kode tadi dan nanti artikel muncul tanpa ada kode [+/-] Selengkapnya... dan [+/-] Ringkasan saja....

Awas perhatikan baik2, ngepostnya lewat Edit HTML lho jgn lewat Compose

Selamat Mencoba.. happy blogging..




Terima Kasih Telah Berkunjung di hobikitakita-fuda.blogspot
Jgn lupa komentarnya yagh..

1 komentar:

PANGKALABA @ 1 Januari 2009 08.01

mampir ni cari tips and trik baru, yg sdh ok bnget ni . thanks

Poskan Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).
Ketik shortcutnya saja untuk menggunakan emoticon contoh ":D"


Say it Here ..