Apaan Sih SEO itu ( katanya sih alat untuk meningkatkan index blog kita )

Kamis, Desember 18, 2008 / Comments (0) / by fuda

Hallo teman teman...

ahh.. ini dia. pusing nih sama kata yang satu ini.
"SEO" nah loh puyeng juga kan..

Banyak blogger yang sering kali menyinggung kata SEO. Sebenernya apa sih SEO itu. Berhubung saya juga pemula, ga tau apa itu SEO. Kita belajar bersama yuk bahas tuntas tentang SEO itu.

Berikut ini ada sedikit artikel dari Bang mizwar tentang SEO simak ya...

Pada waktu saya mulai menyelami Dunia Internet, Saya sering bertanya pada diri saya sendiri tentang bagaimana cara orang bisa tau Blog atau Situs kita...Ternyata setelah saya pelajari, Orang datang ke situs / blog kita yaitu dengan 2 hal : 1. Mesin Pencari (Google, Yahoo) 2. Referensi dari blog atau situs lain. Nah....terus saya berpikir lagi bagaimana situs atau blog saya bisa muncul di Search Engine (Mesin Pencari) dan ternyata setelah saya cari2 informasi mengenai hal tersebut, barulah saya tahu kenapa suatu situs bisa muncul di search engine, yaitu dengan istilah SEO. Apa itu SEO.....?

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimatization intinya, SEO adalah suatu cara untuk meningkatkan rangking situs / blog kita di Mesin Pencari. Sobat tau apa itu mesin pencari...? mesin pencari adalah suatu mesin yang bisa mencari atau yang lebih pasnya melacak situs kita dengan kata kunci tertentu. Contoh : sobat coba masuk ke www.google.com dan ketikkan kata kuncinya yaitu Kursus Blog. Hasilnya....sobat lihat gambar dibawah ini :
 
:

undefined
Sobat bisa lihat di gambar diatas, kalo blog ini ada di urutan ke 4 hal 1 dengan kata





Sobat bisa lihat di gambar diatas, kalo blog ini ada di urutan ke 4 hal 1 dengan kata kunci Kursus Blog (Padahal blog ini usianya masih belum 1 bulan lho.....). Mengapa bisa demikian...? karena saya mengoptimasi kata kunci untuk blog ini dengan kata Kursus Blog.

Kembali ke masalah SEO. Sebenarnya, Teknik SEO itu sendiri, lebih diterapkan untuk blog / situs yang memang sifatnya commercial. Dalam artian blog / situs tersebut memang ditujukan khusus untuk bisnis. Nah...kalo kita selaku blogger dan memang kalo kita buat blog hanya sekedar hobi tanpa ada latar belakang bisnis maka SEO itu tidak terlalu penting.


Bgmn, ada sdikit bayangan ga tentang SEO ?
Lha trus gmn caranya supaya  blog kita terindex di Google,Yahoo, MSN?.

hahaha. sama saya juga penasaran yuk lanjut biar ga penasaran.


DAFTAR BLOG KE SEARCH ENGINE

Nah.. ktahuan yah.. masi penasaran. Lanjut juragan.


Cara Daftar Blog ke Serach Engine. Hal tersebut dimaksudkan, supaya...blog kita dapat terindeks di search engine (Google, Yahoo, Msn, dll). Pernah ga terbayang kalo blog kita muncul di hal pertama di search engine google misalnya? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi...salah satunya adalah dengan mendaftarkan situs/blog kita search engine. Berikut cara - caranya :

Daftar situs/blog di google
Anda pasti sudah tidak asing dengan google. Ya...karena google merupakan mesin pencari (search engine) terbaik saat ini. Nah..supaya blog kita muncul di mesin pencari ini, silahkan daftar kan blog anda dengan mengunjungi www.google.com/addurl. Selanjutnya silahkan isi form2 yang disediakan sesuai dengan data situs/blog anda.


   1. URL --> isi dengan alamat blog anda. contoh = http://bloganda.blogspot.com
   2. Comments --> isi dengan keyword pada bloganda
   3. Optional --> isi sesuai text yang tertulis (untuk menghindari spam)

Nah....Selesai deh

Daftar blog di yahoo
Selain google, search engine lain yang biasa dipakai orang2 untuk mencari sebuah situs adalah yahoo. Supaya blog anda terindeks di mesin pencari ini, silahkan kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Untuk di mesin pencari ini, anda tinggal masukan alamat blog anda dan alamat blog feed anda. contoh untuk alamat blog = http://bloganda.blogspot.com contoh untuk feedblog = http://feeds.feedburner.com/feedanda (kalo anda daftar di feedburner).

Daftar blog di Msn
Mungkin untuk mesin pencari yang ini anda agak sedikit asing mendengarnya. Memang sih saya juga merasa demikian. Tapi ga ada salahnya kalo anda mendaftarkan blog anda di msn, gampang kok tinggal kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2. lalu isi text sesuai gambar (untuk menghindari spam) kemudian masukan url blog anda c:/ http://bloganda.blogspot.com. selesai

Selain diatas sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk daftar ke beberapa search engine secara otomatis tinggal kunjungi ini atau ini lalu masukan url blog anda.

Dah sgini dulu.. sbnernya masih banyak yang perlu di ulas. Praktekin dlu yuk.
habis ini akan di bahas tentang cara memasang meta tag supaya blog kita mudah di cari di mesin pencari


( ket; artikel ini boleh di sebar luaskan dengan catatan tidak merubah isi dan mencantumkan link blog ini )
Terima Kasih Telah Berkunjung di hobikitakita-fuda.blogspot.com
Jgn lupa komentarnya yagh.. 


0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).
Ketik shortcutnya saja untuk menggunakan emoticon contoh ":D"


Say it Here ..